Skip to main content

Aktivitasku Selama #dirumahaja


Beberapa bulan yang lalu awal kemunculan berita mengenai virus covid 19 dari kota Wuhan, China. Aku sama sekali gak nyangka ternyata hal ini bisa berdampak pada seluruh dunia bahkan menjadi bencana global. Gak nyangka sama sekali karena hal kayak gini tuh biasanya cuma fiktif di film-film atau novel-novel. Meskipun sebelumnya dunia dilanda wabah Flu Burung, SARS, dan sebagainya tapi ternyata wabah virus covid 19 atau Corona ini lebih dari itu, karena Indonesia termasuk salah satu negara dengan kasus yang cukup banyak.




Mungkin salah satunya pengaruh globalisasi, akses Indonesia terhadap seluruh dunia memang terbuka sehingga traffic, arus lalulintas udarapun cukup sibuk setiap harinya seperti perjalanan bisnis atau pekerjaan, pendidikan, bahkan untuk sekedar liburan. Setelah diumumkannya penutupan akses atau yang sering kita dengar dengan istilah lockdown aktivitas manusia seolah terbatas. Termasuk himbauan untuk melakukan social distancing atau tetap berada di rumah yang ramai disuarakan atau dikampanyekan dengan tagar dirumah aja (#dirumahaja) sampai kondisi dinyatakan aman oleh pemerintah.




Kondisi seperti sekarang ini tentunya sangat berpengaruh pada seluruh sektor, karena yang mendapat perizinan untuk beroperasi hanyalah sebagian kecil seperti lembaga kesehatan, bank, dan beberapa instansi dengan layanan publik. Bahkan mungkin sebagian individu di seluruh dunia sudah mulai merasakan titik jenuh, pasalnya bukan hanya kegiatan sosial atau aktivitas yang dibatasi bahkan beberapa instansi dengan terpaksa harus melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK), jasa transportaasi, umkm, dan sebagainya mengalami kerugian besar.




Disisi lain pihak yang tidak bertanggungjawab dengan memiliki materi lebih berbondong-bondong memborong hampir seluruh kebutuhan pokok, termasuk tissue, handsanitizer, dan chemical product lainnya. Hal tersebut sungguh ironis, negara kita jadi keliatan banget kontrasnya yang ada di atas semakin nyaman seperti tanpa beban dan yang berada di bawah seolah semakin terhimpit. Selain itu juga banyak banget drama-drama yang memilukan, seperti halnya penolakan jenazah korban covid 19, hoax yang merugikan pihak tertentu, krisis ekonomi, dan sebagainya. Jujur aku tuh sedih banget tiap liat dan denger berita sekarang-sekarang ini seolah nafas tuh sesek hampir gak ada berita yang jadi pencerahan atau penawar disaat kondisi kayak gini.




Well sekarang aku mau sharing hal-hal apa aja yang selama #dirumahaja alias social distancing aku lakuin:



Work From Home


Sebagian besar instansi diberhentikan untuk beraktivitas di kantor termasuk tempat aku kerja. Meskipun seminggu sekali harus piket tapi mostly pekerjaanpun dikerjakan dirumah termasuk rapat-rapat yang dilakukan secara daring (online). Mungkin kesannya nyantai, enjoy, bisa sambil leyeh-leyeh. But nopee! WFH justru jadi lebih ribet apalagi pas deadline, entah kenapa kerasanya jadi lebih banyak dari pekerjaan di hari-hari normal. Mungkin karena seharian ada di rumah dan bukan cuma kerjaan kantor aja tapi juga kerjaan rumah yang tetep harus dikelarin, selain itu karena memang dihimbau untuk selalu bersih dan menjaga kesehatan intensitas bebersih dan beres-beres juga bukan main lelahnya.



Quality Time Bareng Keluarga

Mungkin bagi sebagian keluarga makan bareng di rumah itu udah hal biasa dilakukan tiap hari, nah aku termasuk keluarga yang gak demikian. Mungkin di malem hari baru pada bisa ngumpul terkadang udah waktunya tidur jadi ketemunya Cuma pagi doang pas mau beraktivitas lagi. Social distancing ini bikin waktu sama keluarga jadi lebih banyak lebih panjang, mau sharing-sharing, gotong royong bebersih, dan nonton bareng. Hal-hal kayak gini berasa spesial banget alhamdulillah. Percaya dibalik keluh kesah, dibalik musibah wabah ini ada hikmah yang mungkin sering kita lupain dan lupa buat kita syukuri.


Baca Buku



Biar gak melulu ngerjain kerjaan kantor dan ngerjain kerjaan rumah, sesekali harus ngerecharge otak dan ngemanage mood. Salah satunya dengan baca buku, karena masih ada beberapa buku baru yang belum aku baca. Ini aku anggap aja sebagai me time yang berfaedah. Haha


Nonton Drama Korea

Honestly aku tuh jarang banget bahkan udah nyaris gak pernah nonton drama percintaan yang bikin mewek. Tau sendiri kan ya drama Korea itu mostly jalan cerita tuh beneran dramatis sering kali menguras air mata, karena tujuannya biar gak jenuh ya coba-coba aja nonton beberapa judul series dan sampe detik ini udah tamat puluhan episode. Omaygaaat.


Bikin Konten


Nah ini dia, salah satu aktivitas dikala social distancing. Ngerjain beberapa deadline buat konten dari foto produk sampe video juga ngedraft dijabanin gengs. Pokoknya gimana caranya biar gak rebahan mulu dan makan mulu ya apapun coba aku lakukan wkwkwk


Praktekin Resep Baru

Sebagai wanita yang gak jago-jago amat memasak, social distancing ini bisa dimanfaatin juga belajar jadi chef ya minimal jadi chef andalan diri sendiri lah ya wkwk
Akhir-akhir ini ada beberapa menu desert yang viral, salah satunya dalgona coffee. Bisa bayangin gak kalo lagi sibuk ngantor terus bikin dalgona coffee? Boro-boro, jangankan buat bikinnya ada niatan juga kayaknya gak bakalan. U know lah ya. Dalgona coffee itu bukan hanya rasa, kreativitas, tapi juga niat dan waktu luang juga kesabaran tingkan dewa. Ini salah satu hikmah buat aku karena bisa belajar bikin beberapa menu baru.


Kajian Online dan Seminar/Kelas Online




Meskipun di rumah aja menurutku penting banget buat upgrade pengetahuan dan ilmu selain bisa bikin wawasan kita jadi lebih luas, seperti kajian online yang biasa aku ikutin bisa memotivasi ibadah juga apalagi sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah ramadhan tentunya dari keimanan dan keilmuan juga harus dikokohkan biar lebih siap menjalankannya dengan penuh khusyuk.
Sebagai newbie dalam perbloggeran aku juga ikut beberapa kelas online blog dan kelas menulis ini ngebantu banget buat aku biar lebih paham perihal blog dan membuat konten, juga beberapa seminar online mengenai permasalahan covid 19, perekonomian, dan sebagainya. 


Tadarus Al Qur'an

Sebenernya sih aku selalu berusaha nyempetin sehabis shalat fardu tapi kali ini kan memasuki bulan suci ramadan yang insyaa Allah pahala dari ibadah dan amalan dilipat gandakan, ini juga sebagai bentuk rasa syukur aku karena  Allah masih ngasih nikmat berupa kesempatan dan usia di ramadan tahun ini jadi harus aku manfaatkan sebaik mungkin dan ramadan tuh menurutku spesial melakukan ibadah juga ngerasa jadi lebih fokus. Selain itu aku dan temen-temen blogger dan content creator lainnya bikin grup dengan bimbingan seorang mentor yang bertujuan untuk saling memotivasi agar selalu istiqomah dalam menjalankan tadarus selama bulan ramadan, mudah-mudahan bisa khattam bareng-bareng juga pertemanan kita gak cuma di dunia aja mudah-mudahan lewat hal ini kita bisa berteman sampai syurga, aamiin Allahumma aamiin.





Thank you udah baca, oiya biar tau aktivitas apa aja yang dilakuin sama temen-temen Bandung Hijab Blogger lainnya buat kalianinspirasi kalian selama #dirumahaja bisa pantengin terus instagramnya @bandunghijabblogger karena tulisan ini juga merupakan ccollab aku bareng temen-temen BHB :)








Comments

  1. Hampir sama aktivitasnya nih selama di rumah. Semoga pademi ini segera berakhir yes. Aamiin

    ReplyDelete
  2. Asik yaa aktivitas di rumah sebenernya hampir sama aja, yang membedakan tingkat kejenuhannya.

    Kalo dilakukan dengan penuh cinta dan ikhlas asik tuh menikmati tapi sebaliknya merasa neraka dan waktu panjang banget.

    Semoga kita termasuk Orang2 yang pandai bersyukur

    ReplyDelete
  3. Samaaa nich, aq juga jadi baca buku lagi...

    ReplyDelete
  4. Sama sama , Cuma aku lagi Libur baca Buku Rin,, sedikit Gada waktu, ya Allah semoga aku bisa baca buku lagi

    ReplyDelete
  5. Sama aku juga baca buku buat killing time yang bermanfaat. Btw salah fokus itu yang di Fimela ada temen aku yang dari Jogja

    ReplyDelete
  6. Tadarus alquran jadi agenda ku juga teh mudah2n kita hatam yaaa selama bulan ramadhan ini

    ReplyDelete
  7. Pokoknya tetap produktif ya dan melakukan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat. Alhamdulillah sambil dibarengi dengan Ramadan, biar ibadah jadi lebih khusyu.

    ReplyDelete
  8. Ternyata banyak juga ya, aktivitas yang bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah aja. Yakin aja, kalau semua kejadian ini pasti ada hikmahnya.

    ReplyDelete
  9. Aku udah lama banget ga nonton drakor, lebih dari 2 tahun kayanya.. Etapi terpicu lagi nonton gara-gara CLoY hahaha, trus sekarang susah berhentinyaaa

    ReplyDelete
  10. Produktif banget tth ya ampun seneng deh semangat terus yah

    ReplyDelete
  11. Wah wah pgn bgt ikutan seminar atau kelas online tp selalu ketinggalan trs infonya heuheu sedih😂

    ReplyDelete
  12. Bener banget Teh, aku juga pengen khatam Alquran bulan ini, semangat

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah ..ternyata banyak ya yg bisa dikerjakan di rumah ..aku nonton yg sudah engga dilakukan... bingung nysihin wktnya...huhu..

    ReplyDelete
  14. Wah banyak yang sama euy kegiatannya hihi..pengen khatam juga bulan inii

    ReplyDelete
  15. Setelah wfh banyak banget hal yang bisa dilakuin di rumah ya

    ReplyDelete
  16. Nah dalgon coffee sampe sekarang aku belum sempet praktekkin

    ReplyDelete
  17. Untung banget ya skrg teknologi udah canggih,, wfh pun bisa lancarr

    ReplyDelete
  18. Wahh produktif bngt wktu kaka ya ksk, tpi kita ada samaan ni kak yg dilakuin saat dirumah aja, yg jelas drakorr jngn sampe ketinggalan kk🤭🤭

    ReplyDelete
  19. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review - Treatment di MS Glow Clinic Bandung

Assalamu’alaikum beauties, kali ini aku mau cerita mengenai keseruan event Bandung Hijab Blogger X MS Glow Bandung kemaren, event ini diselenggarakan di Noor Hotel jl. Madura No. 6 Bandung. Acaranya berlangsung seru banget karena dipandu oleh MC hits juga yaitu kak Elga Permana. Nah selain silaturahim Bandung Hijab Blogger family juga kita semua dapet banyak ilmu loh. Pertama kita dikenalin mengenai MS Glow Clinic oleh kak Latifah Nuraeni yang sekaligus sebagai manager MS Glow, jadi MS Glow tuh udah buka di lima cabang di kota-kota besar di Indonesia, ada di Malang, Bali, Jakarta, Surabaya dan Bandung. Untuk MS Glow cabang Bandung lokasinya ada di jl. Lombok No. 3 Bandung, lokasinya cukup strategis guys. MS Glow ini mempunyai visi misi untuk mempercantik wanita Indonesia agar menjadi elegant dan fresh, untuk yang bertanya-tanya aman ga sih kliniknya atau halal ga sih? Jangan khawatir guys karena untuk treatment peralatannya di ekspor dari Eropa tentu peralatan canggih ters

Review - Rangkaian Safi Age Defy

So happy... tepatnya pada tanggal 26 Oktober 2019 kemaren itu aku dateng ke Blogger Gathering Event bareng Bandung Hijab Blogger dan SAFI Indonesia. Event ini bukan hanya Gathering doang loh tapi juga sekaligus exclusive lauch product SAFI Age Defy. Event ini ada beauty talkshow sama Kak Anindita, dr. Mita, dan Hanum Mega yang merupakan beauty influencer. Selain itu, kita masing-masing peserta dikasih kesempatan buat meracik Gold Water Essence sendiri loh, seruuuu bangeeeet. Honestly, ini merupakan pertama kalinya aku cobain produk Safi, telat banget kan tuuuuh?! Pas pertama kali terus langsung nyoba rangkaian Safi Age Defy ini dan aku amaze banget ternyata sebagus itu gengs, aku nyesel baru coba sekarang hahaha Diusia yang udah bukan ABG lagi kayaknya aku jadi makin concern buat treatment atleast treatment sendiri dengan rangkaian skincare, karena kalo dulu aku gak terlalu melek skincare yang ternyata sepenting itu gengs. Jadi sekarang meskipun yaaa prosesnya panjang d

Review - ST. Ives Fresh Skin Apricot Scrub

Hallo gaes... Sebelumnya aku review anything make up and skincare product di femaledaily network, udah lama banget aku ga review so, aku bakalan review di blog pribadi aku. Sebelumnya aku mau kasih tau kalo ini honest review dari aku dan ini bukan endorse atau aku ga ada kerjasama apapun sama pihak St. ives haha Sebelumnya aku ga terlalu peduli sama scrub atau apalah itu, karena aku udah ngerasa deep clean dengan facial wash yang aku gunakan. Tapi ternyata tidak sodara-sodara.. Sebagai orang yang hobi make up everyday ya meskipun ga full make up, karena make up daily aku cuma moisturaizer atau shooting cream, sunscreen, blush on, dan lipstik. Ga terlalu berat tapi tetep aja kalo step cleansingnya ga tepat ya bakalan nimbun sebum dan kalo didiemin lama kelamaan bakalan berubah jadi jerawat. Karena aku ngerasa perlu banget deep cleansing, salah satunya ya physical exfoliate which is yang aku gunain scrub dari St. Ives. Kalo ditanya kenapa prefer ke scrub ini aku juga ga tau, y