Skip to main content

Me Time is Another Way of Reflexion

Kemampuan manusia dalam mengerjakan sesuatu tentu terbatas, maksudnya gak bisa kita mengerjakan pekerjaan rutin kita terus menerus tanpa istirahat. Begitupun denganku yang sepanjang weekday udah hectic banget sama kerjaan ditambah waktu istirahat aku yang seringkali dipake buat beresin hal-hal lainnya. Jadi rasanya gak bisa bener-bener ngerasain istirahat yang berkualitas.


Jadi dulu aku tuh sekitar SD kelas 3, sering banget sepulang nenek aku dinas suka bawain buku-buku bacaan gitu. Genre bukunya dari mulai buku dongeng, cerita anak, ilmu pengetahuan umum, sejarah, politik, agama, dan masih banyak lagi.
Saking banyaknya buku aku sampe jadiin satu kamar yang udah ga dipake sebagai perpustakaan . Tapi karena aku sering banget rebutan sama pamanku, jadi buku-buku itu sebagian entah kemana. Selain itu kalo ada temen yang maen ke rumah pasti aku kasih satu buku buat dia baca. Nenek aku sendiri yang ngajarin dengan tujuan biar temen aku juga suka baca.

Dari sejak itu aku terbiasa baca bareng di sore hari sama nenekku, sampe nenekku pensiun dan sakit keras hingga akhirnya meninggal dunia. Masa-masa itu berat banget buat aku, karena selama kecil aku tinggal sama nenek kakek dan aku biasain baca buku sendirian sampe saat ini aku udah dewasa.

Seiring bertambahnya usia bobot bacaan aku makin berat, ditambah koleksi buku-buku papahku juga yang sering aku baca.
Sampe akhirnya aku baca novel Teenlit di jaman SMP. Jujur pada saat itu aku suka banget novel, dan saat itu lagi rame-ramenya orang baca novel sampe ada penyewaan novel.
Berawal dari tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia aku pinjem novel remaja dari yang lokal sampe terjemahan dan ternyata itu seru banget. Sampai akhirnya aku ketahuan papahku.
Papahku melarang keras aku bac novel karena asumsinya bakalan bikin aku ketagihan dan males baca buku pelajaran.

Memang sih, pada saat itu aku addict banget baca novel dan aku gak pernah beli karena aku takut kalo sampe papah tau novel itu entah digimanain pokoknya ngeri dan sayang duit tabungan buat beli novel akan lenyap seketika.
Aku milih buat sewa atau pinjem dari temen. haha
Bacanya gimana? aku sampe sembunyi-sembunyi dikamar dan aku harus pastiin aku udah kerhain kewajiban aku sebagai pelajar SMP pada saat itu, apalagi kalo bukan PR dan tugas sekolah lainnya.

Makin kesini papah aku menegaskan kalo kita tuh harus suka baca genre apapun dan harus up to date even itu mengenai olahraga, jadi aku tiap hari minimal baca satu koran dan didukung dengan tontonan berita.
Ok baiklah, sekarang papahku udah mengerti aku suka sama buku.
Seiring berjalannya waktu koleksi buku papahku makin banyak dan aku jadi ngerasa difasilitasi aja hahaha

Karena itulah aku juga suka sepak bola dan dari SMA sampe kuliah mostly temen-temenku cowok dan bahasan kita bola. hahaha
Selebihnya baca bikin aku jadi confident di kelas karena bisa nyambung sama guru atau dosen, gak gampang diboongin orang, dan ada hal yang bikin aku nyaman ketika baca buku entah apa yang pasti aku ngerasa bisa merefleksikan diri.

Kalo selama jadi pelajar atau mahasiswa membaca itu mau gak mau ya harus.
Sadar betapa pentingnya mengupgrade pengetahuan, karena saat ini aku weekday disibukan dengan pekerjaan jadi aku luangin waktu di weekday untuk sekedar membaca.
Membaca buku buatku hal yang krusial, dimana aku bisa menstimulasi otak dan mood, biasanya konsentrasi dan mood itu saling berintegrasi.

Nah dari baca buku juga aku jadi suka nulis, dulu selain blog aku juga julis di beberapa platform seperti wattpad  Ya meskipun gak istiqomah karena mentok aja dan masih gak tau arah nichenya mau apa.

Pentingkah me time?
Menurutku me time itu bisa dilakukan dengan cara apapun, bahkan mungkin ada orang yang menganggap kesibukannya sendiri sebagai me time.
Me time itu memang terkesan sepele akan tetapi penting banget apalagi buat orang dengan aktivitas yang padat, sedikit saja meluangkan waktu buat diri sendiri akan memengaruhi self buildingnya. Jadi gak ada salahnya kan kita mengapresiasi diri sendiri setelah apa yang kita lakukan, baik kesibukan kerja, kesibukan mengurusi rumah dan keluarga dengan meluangkan waktu untuk memanjakan diri.

Buku apa iniaja yang paling suka aku baca?
Banyak banget tapi karena hectic sama kerjaan aku jarang banget baca buku konvensional, aku biasanya download buku digital atau e-book. Buku yang saat ini aku lagi baca bukunya Dan Brown karena gak kelar-kelar baca itu.
Buku-buku motivasi kayak buku yang judulnya You Are A Baddas karyanya Jen Sincero, Declutter Your Mind karyanya ST. Scot dan Barrie Davenport, buku-buku gitu bisa berkali-kali aku baca.

Biasanya buku-buku yang diangkat jadi film layar lebar, bukunya aku baca tapi filmnya jarang aku tonton kayak The Divergent series: Alegiant, Insurgent, pokoknya dari awal sampe tamat aku baca tapi aku belom tonton filmnya sampe tamat, nah loh hahah
Kecuali Sherlock Holmes, Harry Potter, The Twilight Saga, pokoknya yang gitu-gitu aku pasti usahain tonton. Kalo ditanya kenapa gak tau aku juga saking sukanya mungkin.

Karena aku suka buku bukan berarti aku suka semua jenis buku, yang paling aku kurang suka karena aku bingung bacanya yaitu komik. Jujur aku pusing kalo baca komik, meskipun ada tuh temen aku yang suka banget sama komik ngasih tips cara baca komik yang bikin enjoy tapi aku kok ngerasa jadi beban ya hahahaha mohon maaf nih.

Ya mungkin begitulah cara aku menikmati me time adalah baca buku sambil ngopi atau ngeteh, biasanya di weekend atau hari libur yang cukup bikin aku bisa melakukan istirahat sambil baca-baca buku.




Well, makasih banget udah mampir dan baca postingan di blog #orinsjournal, semoga bermanfaat. Karena ini collab aku sama Bandung Hijab Blogger, jadi kalian bisa baca postingan temen-temen BHB lainnya. Untuk informasi lebih lengkap silahkan mampir ke instagram @bandunghijabblogger
xoxo



Comments

  1. aku juga pengen nih balik lagi buat rajin baca buku, terutama di weekend ya karena weekdaynya kerja. jadi inget ada buku yg belum aku baca sama sekali hehehe

    ReplyDelete
  2. Yesss reading books is addiction. Semua penulis adalah pembaca biasanya hihi

    ReplyDelete
  3. well, sama kita teh, mengisi Me-Time dengan membaca novel hehehe. Tapi emang menyenangkan siy, bisa betah. Dulu sebelum menikah dan punya anak, paling betah baca novel sampai ketiduran hehehe

    ReplyDelete
  4. Aku mah suka bete kadang kl baca buku nya dulu terus nonton film nya..kadang ga sesuai ekspektasi.. beda kalo nonton film nya terus baca bukunya..baru deh seneng ehhe

    ReplyDelete
  5. Pengen bangedd baca buku lagi, tp belum ad lg buku yg bs menggugah selera setelah karya2nya JK Rowling nich, hiksss

    ReplyDelete
  6. Kalo aku baca bukunya engga ngopinya iya hehe

    ReplyDelete
  7. Hahahaa iya nih. Dulu booming banget ya tempat sewa buku novel2 teenlit gitu. Aku tiap pulang sekolah biasanya jg nongkrong disitu sambil ngu jam les.

    ReplyDelete
  8. Kujuga inget teh pernah nyewa2 novel smpe komik gitu hehe

    ReplyDelete
  9. Asiiiik suka baca buku juga. Nanti bisa sharing2 yaa

    ReplyDelete
  10. Setuju banget kalau baca bukunya Dan Brown itu susah beresnya, butuh konsen level dewa buat faham dan namatin bukunya hehe. Buku yang motivation nya mau aku masukin ke daftar baca aku selanjutnya ah, makasih buat rekomendasinya :)

    ReplyDelete
  11. aku tuh pengen banget buat suka sama genre lain gitu ya tapi susah hiks, baca novel tebel kadang suka bosen

    ReplyDelete
  12. wahh jadi kangen baca buku lagi deh hhu klo jaman sekolah sih rajin bnget baca" buku/novel skrng udh jarang, bahkan ngga deh kyaknya

    ReplyDelete
  13. Mungkin aku harus coba menjadwalkan buat baca buku lagi.. Sekarang buat beresin 1 buku aja susahnya minta ampun.. Bagi tips nya dong.. Heheh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review - Treatment di MS Glow Clinic Bandung

Assalamu’alaikum beauties, kali ini aku mau cerita mengenai keseruan event Bandung Hijab Blogger X MS Glow Bandung kemaren, event ini diselenggarakan di Noor Hotel jl. Madura No. 6 Bandung. Acaranya berlangsung seru banget karena dipandu oleh MC hits juga yaitu kak Elga Permana. Nah selain silaturahim Bandung Hijab Blogger family juga kita semua dapet banyak ilmu loh. Pertama kita dikenalin mengenai MS Glow Clinic oleh kak Latifah Nuraeni yang sekaligus sebagai manager MS Glow, jadi MS Glow tuh udah buka di lima cabang di kota-kota besar di Indonesia, ada di Malang, Bali, Jakarta, Surabaya dan Bandung. Untuk MS Glow cabang Bandung lokasinya ada di jl. Lombok No. 3 Bandung, lokasinya cukup strategis guys. MS Glow ini mempunyai visi misi untuk mempercantik wanita Indonesia agar menjadi elegant dan fresh, untuk yang bertanya-tanya aman ga sih kliniknya atau halal ga sih? Jangan khawatir guys karena untuk treatment peralatannya di ekspor dari Eropa tentu peralatan canggih ters

Review - Rangkaian Safi Age Defy

So happy... tepatnya pada tanggal 26 Oktober 2019 kemaren itu aku dateng ke Blogger Gathering Event bareng Bandung Hijab Blogger dan SAFI Indonesia. Event ini bukan hanya Gathering doang loh tapi juga sekaligus exclusive lauch product SAFI Age Defy. Event ini ada beauty talkshow sama Kak Anindita, dr. Mita, dan Hanum Mega yang merupakan beauty influencer. Selain itu, kita masing-masing peserta dikasih kesempatan buat meracik Gold Water Essence sendiri loh, seruuuu bangeeeet. Honestly, ini merupakan pertama kalinya aku cobain produk Safi, telat banget kan tuuuuh?! Pas pertama kali terus langsung nyoba rangkaian Safi Age Defy ini dan aku amaze banget ternyata sebagus itu gengs, aku nyesel baru coba sekarang hahaha Diusia yang udah bukan ABG lagi kayaknya aku jadi makin concern buat treatment atleast treatment sendiri dengan rangkaian skincare, karena kalo dulu aku gak terlalu melek skincare yang ternyata sepenting itu gengs. Jadi sekarang meskipun yaaa prosesnya panjang d

Review - ST. Ives Fresh Skin Apricot Scrub

Hallo gaes... Sebelumnya aku review anything make up and skincare product di femaledaily network, udah lama banget aku ga review so, aku bakalan review di blog pribadi aku. Sebelumnya aku mau kasih tau kalo ini honest review dari aku dan ini bukan endorse atau aku ga ada kerjasama apapun sama pihak St. ives haha Sebelumnya aku ga terlalu peduli sama scrub atau apalah itu, karena aku udah ngerasa deep clean dengan facial wash yang aku gunakan. Tapi ternyata tidak sodara-sodara.. Sebagai orang yang hobi make up everyday ya meskipun ga full make up, karena make up daily aku cuma moisturaizer atau shooting cream, sunscreen, blush on, dan lipstik. Ga terlalu berat tapi tetep aja kalo step cleansingnya ga tepat ya bakalan nimbun sebum dan kalo didiemin lama kelamaan bakalan berubah jadi jerawat. Karena aku ngerasa perlu banget deep cleansing, salah satunya ya physical exfoliate which is yang aku gunain scrub dari St. Ives. Kalo ditanya kenapa prefer ke scrub ini aku juga ga tau, y